oleh: Zarfan Fawwaz -yuhibbuhullah wa yardhahu-

“Satu-satunya cara di bumi untuk mempengaruhi orang lain adalah bicara tentang apa yang diinginkannya dan menunjukkan kepadanya bagaimana cara mendapatkannya.”

Hal ini sangatlah sering kita alami, apalagi kalau kita sudah dekat dengan ujian, atau mungkin ketika kita mendapatkan musibah. Rasanya hati ini menjadi sedih, galau, lesu, bad mood, dll. Karena itu, motivasi disini menjadi sebuah tokoh utama yang membuat kita bangkit kembali.

Banyak cara cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan sebuah motivasi; baik dari orang tua, saudara terdekat, kerabat, sahabat, ulama, tokoh terkenal, maupun mendatangi seminar-seminar motivasi mulai dari yang murah hingga harus merogoh kantong yang paling dalam, walaupun hanya mendapatkan 1 atau 2 kalimat saja.

Kalau kita lirik secara detail, mungkin motivasi hanyalah sebuah rantaian kata yang dirangkai menjadi sebuah kalimat yang dapat meningkatkan emosi positif yang ada di dalam diri kita masing masing. Kenapa?

Pertama-tama, kita harus tahu terlebih dahulu bahwa motivasi adalah sebuah reminder apa yang kita butuhkan.

Dale Carniege mengatakan, “Satu-satunya cara di bumi untuk mempengaruhi orang lain adalah bicara tentang apa yang diinginkannya dan menunjukkan kepadanya bagaimana cara mendapatkannya.”

Berdasarkan penelitian, motivasi berasal dari bahasa latin, yaitu movere. Artinya bergerak atau menggerakkan. Jadi motivasi disini dapat dimaknai sebagai penggerak orang yang berupaya dengan sekuat tenaga untuk mencapai tujuan.

Orang-orang yang membutuhkan motivasi biasanya terlihat depresi. Dia merasa selalu disuruh-suruh atau mungkin ada suatu hal yang tidak dapat ia selesaikan. Seharusnya disini kita tidak boleh galau atau diam sampai disitu. Namun, kita harus melakukan sebuah gebrakan dan inovasi baru, dan move on untuk menyelesaikan permasalahan.

Disini penulis akan memberikan beberapa tips ‘n tricks agar kamu bisa cepet move on dari masalah masalah yang dulu.

  1. Cepet Lupain

Cepet lupain disini bukan berarti kamu harus lupain masalah itu dan gak menghiraukannya lagi. Kalau yang begini namanya lari dari masalah, dan ia selalu menunggumu. Terus gimana dong biar cepet lupa?? Nahh.. Kamu bisa saja cepet-cepet selesein masalah itu, dan kamu bisa santai setelahnya karena masalahnya udah kelar.

  1. Mengulang

Tidak mudah untuk move on dari masalah. Terkadang kita harus mengulang usaha kita buat move on. Jangan pernah bosan dengan yang namanya mengulang usaha yang baik. Setelah semua urusan dan masalah selesai, ada hal yang tidak boleh dilakukan dalam pengulangan. Yaitu mengulang kesalahan.

  1. Selalu Berkonsultasi kepada Orang Tua

Kalau kita punya masalah, sebaiknya kita harus selalu berkonsultasi kepada orang tua. Jangan sampai ada miss communication. Apalagi kalau kita tidak memberitahu kepada mereja, masalah itu selalu menggentayangi diri kita. Bisa bisa loh ya, kita jadi ada niatan suicide. Na’udzubillah. Orang tua memiliki seribu satu cara untuk mengatasi masalah kamu. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan orang tua. Mereka sudah banyak makan asam garam kehidupan daripada kita semua.

  1. Pray

 Doa. Merupakan senjata ampuh kaum muslimin. Asalkan kita tidak berbuat syirik kepada Allah. Ingatlah dalil di QS. Ghafir. 

  1. Berterimakasih

Mungkin diantara kita ada yang bertanya tanya, kepada siapa kita berterimakasih? Jawabannya sudah pasti, kita harus berterimakasih atau bersyukur -bahasa kerennya- kepada Rabb kita semua, Allah Jalla Jalaaluh, yang telah memberikan jalan keluar dari masalah-masalah yang kita hadapi. Teruslah berdzikir kepada Allah agar hidup kita lebih bermakna dan lebih berkah. Lalu barulah berterimakasih kepada orang tua. Loh kenapa emangg?? Karena Rasulullah -alaihish sholatu wassalam- pun telah bersabda mengenai ini. So, bagaimana bisa kita mendapat ridho Allah jika orang tua kita tidak ridho kepada kita?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s