Termasuk yang perlu kita berhati-hati darinya adalah menghadiri majlis yang hanya berisi hal yang sia-sia dan nyanyian, menghadiri majlis gosip, mendalami pembicaraan yang berkenaan dengan kehormatan orang-orang, serta mendengar siaran-siaran yang membahayakan. Lebih parah dan berbahaya dari itu semua yaitu menghadiri majlis bioskop atau semacamnya….

Bismillah washalallahu ‘ala nabiyyina muhammadin wa man waalaah,

Diantara perkara yang masih samar  bagi kaum muslimin saat ini adalah  bagaimana hukum menonton film di bioskop ?

Sungguh, ketahuilah wahai saudaraku, wahai saudariku yang aku cintai karena Allah..

Bahwa pada awalnya kita menghukumi bioskop itu adalah perkara yang mubah. Karena bioskop dan apa apa yang ada didalamnya adalah alat. Dan setiap alat, bisa digunakan yang baik dan bisa pula digunakan kepada hal yang buruk. Bisa ketika digunakan berpahala ataupun sebaliknya ketika digunakan malah justru berdosa.

Maka, kapan bioskop dikatakan bisa menjerumuskan kepada hal yang buruk ? Kapan dikatakan dapat berdosa ? Yaitu jika seandainya tidak memenuhi syarat syarat berikut  :

1.Film yang ditayangkan tidak mengandung tema yang bertentangan dengan aqidah, syariat dan adab Islam. Sehingga hukumnya menjadi haram jika temanya merangsang sisi buruk manusia, memprovokasi perbuatan dosa, mengajak pada kejahatan, mempropaganda pemikiran melenceng, atau mengampanyekan keyakinan sesat.

※Apakah memenuhi ?

2.Menonton film tersebut tidak mengganggu kita dalam melaksanakan kewajiban kepada agama kita. Misalnya melaksanakan shalat wajib, seorang Muslim tidak boleh mengalahkan shalat Maghrib demi menonton film.

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,” [QS. Al-Maun: 4-5]. Melalaikan shalat di ayat ini ditafsirkan dengan menunda shalat hingga keluar waktu. Hal inilah di antara yang menjadi maqashid diharamkannya meminum khamar dan berjudi.

※Bagaimana sholat orang yang hadir dibioskop ?

3.Orang yang pergi menonton terhindar dari bersenggolan atau bercampur yang berefek buruk antara laki-laki dan wanita bukan mahramnya.

※Apakah selamat ?

Olehnya, Syaikh Abdul Aziz Ibn Baz  -rahimahullah ta’ala- mewaspadai dan mewanti wanti untuk tidak diperkenankannya bioskop bagi kaum muslimin.

Berikut ini kami terjemahkan fatwa Syaikh Ibnu Baz:

Termasuk yang perlu kita berhati-hati darinya adalah menghadiri majlis yang hanya berisi hal yang sia-sia dan nyanyian, menghadiri majlis gosip, mendalami pembicaraan yang berkenaan dengan kehormatan orang-orang, serta mendengar siaran-siaran yang membahayakan. Lebih parah dan berbahaya dari itu semua yaitu menghadiri majlis bioskop atau semacamnya.

Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 3/250

Wallahu ta’ala a’lam bishowwab.

Sumber rujukan: Al-Akh Mufti Hafidzi -hafizhahullah ta’ala-

                                  Majmu’ Fatawa Ibn Baz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s