Oleh: Rasheed Kevin -yuhibbuhullah wa yardhahu-

Kiamat. Siapa yang tidak tahu tentang hal ini. Akhir dunia. Kehancuran. Hari pembalasan.Hari kebangkitan. Dan masih banyak lagi kata kata yang dapat menjelaskan hari kiamat.

Kiamat adalah hari dimana dunia dilenyapkan. Dan seluruh manusia ditidurkan sementara. Lalu dibangkitkan kembali untuk dihisab amal perbuatannya, dan diminta seluruh pertanggung jawabannya dari setiap jiwa.

Allah ta’ala pun memberi kabar tentang hal ini. Tak hanya satu ayat ataupun dua ayat. Bahkan Allah mengkhususkan beberapa surat untuk mengabarkan dan menggambarkan tentang hari kiamat. Sebegitu besar perhatian Allah terhadap kita sebagai hambaNya untuk hari kiamat. Tapi, apakah sebanding dengan perhatian kita terhadap hari kiamat? Tidak! Sama sekali tidak bisa kita bandingkan. Lihatlah sekeliling kita. jauh jauh, di kalangan santri saja; sebagai harapan umat Islam, yang hidup dalam tembok menjulang tinggi, masih banyak yang tidak berpegang teguh pada prinsip kaum orang orang mu’min.

Kemaksiatan dimana mana. Kurangnya amr ma’ruf nahi munkar. Dan masih banyak keburukan keburukan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Lantas, siapakah yang bertanggung jawab akan kerusakan kerusakan di  muka bumi ini? Siapakah yang seharusnya bertindak sebagai “SUPER HERO” terhadap segala kekacauan ini? Siapakah yang memiliki andil besar dalam perbaikan dalam segala kerusakan ini? Jawabannya sangat jelas, wahai saudaraku. Tidak lain dan tidak bukan adalah kita sendiri sebagai thalibul ‘ilmi, yang menuntut ilmu agama Allah. Lalu, apa yang semestinya kita lakukan? Mari kita mulai dari sekarang memperbaiki segala kerusakan sebelum ARMAGEDDON atau hari kiamat itu kian mendekat.

Maka, selama jantung masih berdetak. Selama darah masih mengalir. Selama matahari masih terbit dari arah timur. Bertaubatlah wahai saudaraku, wahai pemuda yang dirahmati Allah. Sesungguhnya ampunan Allah itu masih terbuka lebar bagi hamba-hambaNya yang mau bertaubat. Tinggalkanlah segala bentuk kemaksiatan. Dalam syair disebutkan:

كيـــــف تظن أعمـــــــــالك مشــيـــــــــــــدة

وأنـــــــــــــت تعـــلم أنــــــــــــــــــــــها مكيــــــــــــــــــــــــــــــدة

Tingkatkan amr ma’ruf nahi munkar diantara kalian. Tinggalkan segala hal yang tidak berguna. Atau bahkan menjurus kepada kemaksiatan dalam segala bentuk gadget yang kalian miliki.

Terlepas dari itu semua, apakah kalian tahu? Bahwa sudah banyak tanda tanda kiamat yang muncul di era modern ini. Kita harus mengetahuinya. Dan sudah sepatutnya kita ketahui. Nabi kita, Muhammad –alaihish sholatu wassalam- banyak bersabda mengenai hal ini.

Rasulullah –alaihish sholatu wassalam- menyinggung mengenai tanda tanda  hari kiamat. Seperti manusia berlomba lomba dalam meninggikan bangunan; dan sudah terjadi di kota yang paling dicintai oleh Allah dan Nabi kita, Al Haram Al Makkiy.  Kemaksiatan merajalela, dan diangkatnya ilmu dengan cara diwafatkannya para ulama kita –rahimahumullahu ta’ala-.

Beliau –alaihish sholatu wa sallam- mengabari kita, bahwa jarak antara diutusnya beliau dan hari kiamat bagaikan jari telunjuk dan jari tengahnya.

Saudaraku seiman. Mari kita renungkan. Mungkin kita menyangkal maksud dua jari yang ditunjukkan oleh beliau. Jarak antara kedua jari ini sangat dekat. Tetapi sudah 14 abad berlalu sejak diutusnya Nabi kita yang mulia, kiamat juga belum terjadi. Ketahuilah wahai saudaraku. Arti dari jarak disini bukan menurut ilmu manusia. Tapi dekat menurut ilmu Allah. Kita sebagai hambaNya hanya bisa berserah dri dan bertawakkal kepada sang Khaliq.

Advertisements

2 thoughts on “Bersiaplah Untuk Akhir Dunia

  1. Alhamdulillah…… semoga dengan adanya blog ini angkatan kita tak hanya berguna untuk kalangan albinaa saja… tapi juga untuk masyarakat umum secara luas.
    Dan semoga blog ini menjadi saksi kebaikan kita di hari kiamat … amin..
    Sukses terus buat blog nueve ini…. dan juga buat adminnya…
    Sukses terus buat ente bie!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s